Selasa, 04 April 2017

Budidaya Durian Montong Super

Budidaya Durian Montong Super
Budidaya Durian Montong Super | Teori Petani Siapa yang tidak suka dan tidak kenal dengan buah durian, saya kira mayoritas orang indonesia sudah pernah merasakan kenikmataan buah yang satu ini.

Selain rasanya yang manis dan legit durian juga memiliki aroma yang khas. Di indonesia sendiri banyak jenis durian yang di tanam mulai yang ukuran buahnya keci sampai yang ukurannya besarn berdaging tebal dan biji kecil yaitu Durian Montong.

Kali ini saya akan membahas tentang Budidaya Durian Montong Super yang benar dan cepat berbuah.

Budidaya Durian Montong Super

Pemilihan Bibit

Dalam memilih bibit Durian Montong Super langkah awal kita harus memilih dari indukan yang sehat bebas dari penyakit dan berbuah lebat sayarat bibit yang baik

  • Bibit durian sehat dan tidak layu
  • Bibit durian berdaun banyak
  • Memiliki batang yang kokoh dan rantingnya banyak
  • Pertumbuhan baik di tandai dengan munculnya tunas dari pucuk ranting

Pengolahan Tanah

Tanah yang baik untuk Budidaya Durian Montong Super adalah tanah yang memilii Ph 6-7 dengan ketinggian 500-1000 meter di atas permukaan laut.

Berikutnya adalah pembersihan lahan dari pohon dan rumput liar yang menghalangi sinar matahari masuk kelokasi tanaman.

Lubangi tanah dengan jarak 7x8 atau 8x8 m dan tambahkan pupuk dan diamkan 1 minggu agar gas racun dari dalam tanah menguap.

Peroses Penanaman 

Penanaman durian yaitu dengan cara melepas polybag dan masukkan ke dalam lubang yang sudah di diamkan selama 1 minggu dan timbun dengan tanah hasil pelubangan.

Kemudian siram bibit yang sudah di tanam dan berikan pelindung berupa daun kelapa agar tidak layu karena masih dalam penyesuaian terhadap lingkungan.

Perawatan 

Dalam melakukan perawatan durian yang perlu kita lakukan adalah dengan membersihan sekitar batang durian dari rumput liar.

Berikan pupuk untuk menyuburkan tanaman durian dengan pupuk kandang yang telah matang dan pupuk kimia berupa Urea, Npk, Kcl, untuk pupuk kimia berikan 150-200 gram tiap tanaman . Pemberian pupuk dapat di sesuikan dengan umur tanaman bila bertambah besar dosis pupuk di tambah.

Pemanenan Durian

Pemanenan Budidaya Durian Montong Super dapat kita lakukan setelah umur 3-4 tahun setelah tanam dengan ciri ciri warna mulai kuning kecoklatan, garis di antara duri mencolok dan bau tambah menyengat.

Budidaya Durian Montong Super

Demikian penjelasan Budidaya Durian Montong Super yang bisa saya bagikan semoga dapat bermanfaat.



Share this

0 Comment to "Budidaya Durian Montong Super"

Posting Komentar