Rabu, 12 April 2017

Cara Mudah Budidaya Buah Dalam Pot ( Tabulampot )

Cara Mudah Budidaya Buah Dalam Pot ( Tabulampot )

Cara Mudah Budidaya Buah Dalam Pot ( Tabulampot ) - Pada artikel sebelumnya di blog Teori Petani saya telah membahas tentang Tabulampot untuk tanaman buah naga.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahasnya lebih lengkap tentang tabulampot. Ingin tau lebih lanjut tentang budidaya buah naga dalam pot ( baca disini )

Apa itu tabulampot ?  Tabulampot merupakan cara menanam tanaman buah dengan media pot yang dapat dilakukan bagi anda pemiliki rumah dengan halaman atau lingkungan yang sempit.

Namun dalam budidaya tabulampot tidak semua tanaman buah dapat menghasilkan buah hanya sebagian saja yang dapat di budidayakan dengan cara ini.

Tanaman yang dapat tumbuh subur dan berbuah di antaranya, Mangga, Buah naga, Jeruk, Jambu air, Jambu biji, Kedondong, Sawo, dan Blimbing.

Tanaman yang dapat tumbuh subur namun sulit berbuah adalah, Rambutan, Duku, dan Manggis.

Cara Mudah Budidaya Buah Dalam Pot ( Tabulampot )


Memilih Bibit 

Dalam budidaya tabulampot hal yang terpenting adalah pemilihan bibit karena bibit adalah faktor utama yang menentukan keberhasilan dalam budidaya ini.

Pilihlah bibit hasil sambungan, oklusai, stek maupun cangkok atau biasa di sebut perbanyakan vegetatif, karena dengan cara ini bibit yang di tanam akan sama dengan induknya dan cepat berbuah.

Berbeda dengan perbanyakan Generatif ( Biji ) cara ini cendrung lebih lama berbuah dan buah yang di hasilkan tidak sesuai dengan keinginan kita.

Cara Mudah Budidaya Buah Dalam Pot ( Tabulampot )
Contoh Bibit Yang Baik Siap Tanam


Proses Penyiapan Media Tanam

Siapkan drum potong menjadi dua bagian dan lubangi bagian bawah untuk keluarnya air atau dapat membli pot di toko tanaman hias terdeket.

Buat media tanam dengan campuran tanah, pasir dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1:1 aduk hingga rata dan diamkan selama 1 minggu.

Penanaman Tabulampot

Penanaman bibit di lakukan dengan cara memasukan media tanam berupa campuran tanah yang sudah dibuat sebanyak 1/3 drum atau pot.

Masukkan bibit kedalam drum atau pot kemudian isi kembali dengan tanah yang sudah tercampur pasir dan kompos sampai penuh.

Perawatan Tabulampot

Perawatan tabulampot dilkukan dengan cara rutin menyiram sehari 2 kali mengingat tanaman tidak dapat begerak mencari minum sendiri.

Kemudia beriankan nutrisi bagi tanam berupa pupuk Npk mutiara sebanyak 100 gram/tanaman. Jangan lupa untuk membersihkan pot dari rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman.

Pangkas tunas dan ranting yang tidak produktif seperti tunas yang muncul dari pangkal batang dan ranting yang pertumbuhanya tidak optimal.

Basmi hama yang menyerang tanaman dengan pestisida atau fungisida kimia maupun organik sesuai dengan hama yang menyerang. 

Usahakan lingkungan bersih karena dengan lingkungan yang bersih hama penyakit pun akan berkurang.

Setelah 2 - 3 tahun ganti media tanah yang lama dengan media tanah yang baru untuk menjaga asupan nutrisi dan sirkulasi oksigen dalam tanah.

Demikian penjelasan tentang Cara Mudah Budidaya Buah Dalam Pot ( Tabulampot ) semoga dapat menambah wawasan anda dan mulai tertarik untuk mencobanya.




Share this

0 Comment to "Cara Mudah Budidaya Buah Dalam Pot ( Tabulampot )"

Posting Komentar