Sabtu, 01 April 2017

Menanam Tanaman Hidroponik

Menanam Tanaman Hidroponik Dengan Mudah

Menanam Tanaman Hidroponik Dengan Mudah - Selamat datang di blog Teori Petani kali ini saya akan membahas tentang Tanaman Hidroponik.

Apa Itu Tanaman Hidroponik ?
Tanaman hidroponik adalah tanaman yang media tanamnya bukan menggunakan media tanah seperti menanam pada umumnya melainkan berupa air dan nutrisi.

Dalam menanam hidroponik kita dapat jug menggunakan media yang banyak mengandung unsur hara seperti cocopeat (Serabut Kelapa), pasir, arang sekam sebagai pengganti tanah bila tidak ada dapat menggunakan pecahan genteng untuk media tumbuhnya tanaman.

Menanam Tanaman Hidroponik 

Sebelum kita membahas tentang tanaman hidroponik alangkah baiknya kita mengetahui bahwa menanam dengan cara hidroponik sangat mudah dan dapat di tanam di lahan yang sempit jadi kita dapat menanamnya di pekarangan rumah.

Untuk hasil panen yang dihasilkan juga sangat lah baik dan bersih karena tidak bersentuhan dengan tanah secara langsung.

Tanaman yang di hasilkan dapat di konsumsi secara langsung atau di masak terlebih dahulu karena tidak mengandung pestisida dan dapat di makan sampai ke akar akarnya.

Menanam Tanaman Hidroponik dapat dengan dua cara

1 Dengan Menggunakan Cara NTV (Nutrient Film Technique)

Menanam dengan cara NTV (Nutrient Film Technique) adalah dengan memanfaatkan air sebagai media tumbuhnya tanaman dengan memperhatikan nutrisi dan sirkulasi oksigen.

Langkah pertama yang harus kita siapkan adalah menyiapkan tempat tumbuhnya tanaman yang akan kita tanam. Untuk lebih lanjut baca di bawah ini :

  • Siapkan bak penampung air untuk menyimpan air yang sudah di campur dengan nutrisi.
  • Siapkan paralon atau talang air kemudian lubangi paralon dan tutupi di setiap ujung paralon agar air tidak langsung kluar.
  • Pasang pompa air di dalam bak penampung air, berikan selang dan alirkan ke paralon yang sudah di lubangi jangan lupa sisi paralon yang satunya juga di beri selang pembuangan dan arahkan ke bak penampung. Setelah selesai bibit siap di tanam.

2 Dengan Menggunakan Cara Sederhana

Dalam cara ini kita dapat memanfaat kan barang barang bekas yang bahannya banyak di sekitar kita seperti botol mineral, bak bekas dan yang lainya.

Cara membuat tanaman hidroponik sederhana tidak lah sulit, berikut adalah caranya :
  • Siapkan botol air mineral 1,5 liter dan potong menjadi dua bagian,
  • Siapkan sumbu kompor bisa juga di ganti dengan kain yang penting dapat menyerap air.
Setelah bahan cukup, selanjutnya lubangi tutup botol untuk di berikan sumbu fungsinya untuk menghantarkan air ke tanaman.

Botol yang sudah di potong menjadi dua bagian disatukan dengan cara sisi yang atas di balik mengarah ke bagian bawah.

Barulah masukkan cocopeat (Serabut Kelapa) kedalam botol yang telah di buat dan bibit siap untuk ditanam.

Menanam Tanaman Hidroponik Dengan Mudah
Contoh Hidroponik Dari Botol Bekas



Baca juga :

Penanaman Bibit

Setelah semua siap langah berikutnya adalah masukkan bibit yang sudah tumbuh kedalam media botol plastik yang telah di isi cocopeat.

Berilah air pada botol plastik dan tambahkan nutrisi berupa pupuk cair, dapat menggunakan pupuk cair organik maupun yang kimia.

Berikan naungan diatas tanaman yang telah di tanam di media tanam agar menjaga dari sinar matahari langsung.

Perawatan Tanaman Hidroponik

Dalam perawatan tanaman hidroponik tidak lah sulit, di karenakan media yang digunaka berupa air sehingga hama yang mengganggu pertumbuhan akar seperti cacing atau ulat juga tida ada.

Perawatan tanaman dapat dilakukan dengan menyulam tanaman yang mati, menambahkan air yang menyusut karena penguapan.

Cukup mudah bukan dalam Menanam Tanaman Hidroponik sendiri di rumah, semoga anda termotifasi untuk segera membuatnya.

Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat bagi anda yang akan memulai Menanam Tanaman Hidroponik. Semoga Sukses.

Share this

1 Response to "Menanam Tanaman Hidroponik "

  1. Yuk teman-teman Pecinta Bola Dukung Team Jagoan Kalian di www(dot)updatebetting(dot)co

    BalasHapus