Jumat, 05 Mei 2017

Cara Beternak Kelinci Hias Dan Pedaging Bagi Pemula

Cara Beternak Kelinci Hias Dan Pedaging Bagi Pemula

Cara Beternak Kelinci Hias Dan Pedaging Bagi Pemula | Teori Petani - Usaha dibidang peternakan kelinci memiliki peluang yang masih terbuka lebar.

Sebab kelinci merupaan hewan yang banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan karena keunikan dan sangat jinak sehingga aman untuk dipelihara.

Selain menjadi hewan peliharaan, kelinci juga banyak dijadikan makanan seperti sate kelinci, tongseng kelinci dan masih banyak lainya, karena rasanya yang nikmat.

Cara Beternak Kelinci Hias Dan Pedaging Bagi Pemula

Kelinci merupakan hewan yang mudah dibudidayakan dan proses perkembangbiaknya cukup cepat, dimana setiap induk kelinci mengandung selama 30 hari dan dapat melahirkan anak 6 - 8 ekor.

Indukan kelinci mulai dapat kawin atau berkembang biak setelah berumur tujuh bulan. Ingin tau seperti cara cara beternak kelinci dan perawatanya, baca penjelasan berikut ini

Pemilihan Bibit

Pilihlah indukan yang memiliki kondisi fisik baik dengan ciri ciri tubuh sehat, gemuk dan memiliki bulu yang lebat dan unik seperti jenis kelinci anggora untuk dijadikan kelinci hias,

Sedangkan bila untuk kelinci pedaging kita harus memilih indukan yang memiliki tubuh besar dan bulu tipis seperti jenis kelinci australi.

Pembuatan Kandang

Buat kandang berbentuk persegi menggunakan kayu dan bambu, buat secara bertingkat dan disekat sekat dengan ukuran lebar 35 cm tinggi 40 cm agar menghemat lahan.

Cara Beternak Kelinci Hias Dan Pedaging Bagi Pemula
Contoh Kandang Kelinci


Pemberi Pakan

Dalam pemberian pakan kelinci kita berupa rumput segar atau sisa sisa sayuran yang banyak kita temui dipasar pasar.

Untuk menggemukan kelinci yang dijadikan kelinci pedaging kita dapat memberikan ampas tauhu yang sudah ditim  terlebih dahulu.
Baca juga

Perawatan

Perwatan kelinci meliputi pembersihan kandang secara berkala agar kelinci tyerhindra dari penyakit yang akan mengakibatkan kelinci sakit dan mati.

Beri man elinci secara rutin dan memberikan vitamin dan antibioti untuk menjaga elinci agar tetap sehat dan terhindar darii penyakit.


Demikian penjelasan tentang Cara Beternak Kelinci Hias Dan Pedaging Bagi Pemula semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Share this

1 Response to "Cara Beternak Kelinci Hias Dan Pedaging Bagi Pemula"

  1. proses cepat, minimal hanya 50rb, gabung dan menangkan puluhan dan ratusan juta rupiah jika beruntung, untuk lebih jelas hubungin 7.A.C.D.8.5.6.0

    BalasHapus