Sabtu, 22 April 2017

Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Bahan Disekitar Rumah

Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Bahan Disekitar Rumah

Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Bahan Disekitar Rumah | Teori Petani - Kompos merupakan pupuk organik yang dihasilkan dari limbah rumah tangga, tumbuhan dan kotoran hewan.

Pupuk kompos berguna untuk mengembalikan dan menyuburkan tanaman tanpa merusak jaringan tanah justru semakin sering dan lama menggunakan kompos maka tanah akan semakin subur.

Karena bahan baku kompos terdiri dari bahan bahan organik maka pemupukan dapat dilakukan untuk semua jenis tanaman dan aman bagi lingkungan.

Namun kali ini saya akan membahas tentang pembuatan kompos dari sekitar rumah atau limbah rumah tangga. Berikut adalah penjelasanya.


Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Bahan Disekitar Rumah



Cara Membuat kompos Dari Limbah Rumah Tangga


Buat Lubang berukuran 1 x 1 m dengan kedalaman 50 cm atau dapat juga menggunakan drum, kemudian masukkan limbah rumah tangga seperti nasi, sayur basi dan lain sebagainya kedalam lubang.

Berikan campuran gula dan bioaktifator seperti Em4, Sot dll  untuk mempercepat terjadinya fermentasi.

Tambahkan sedikit tanah lalu tutup rapat jangan sampai ada udara yang masuk, lakukan setrusnya sampai lubang atau drum penuh.

Setelah lubang atau drum penuh tunggu selama 15 - 30 hari pupuk siap digunakan, sambil dibuka setiap pagi kira kira lima menit agar gas keluar dan tidak meledak.

Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Bahan Disekitar Rumah
Contoh Pembuatan Kompos


Cara Membuat Pupuk Dari Dedaunan Dan Kertas

Sama seperti membuat kompos rumah tangga kita harus membuat lubang atau drum untuk media penyimpanannya dan pemberian bioaktifator untuk mempercepat proses fermentasi.

Untuk cara membuat kompos dari tumbuhan dan kertas yang perlu kita siapkan selanjutnya adalah bahan bahan seperti daun kering, ranting ranting kecil, koran bekas, kulit buah dan sebagainya.

Cacah atau cincang bahan bahan diatas agar mudah dalam proses memasukkan kedalam media fermentasi.

Masukkan tumbuhan yang sudah di cacah  sambil dipadatkan setebal 20 - 30 cm lalu siram dengan bioaktifator yang sudah dicampur air dan gula, lakukan setrusnya sampai lubang terisi penuh.

Tutup rapat lalu diamkan selama 30 hari sambil sesekali dibuka untuk mengluarkan gas hasil fermentasi, setelah 30 hari pupuk sudah jadi dan siap untuk digunakan.

Demikian penjelasan tentang Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Bahan Disekitar Rumah, sangat mudah bukan semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda. Selamat mencoba.





Share this

1 Response to "Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Bahan Disekitar Rumah"

  1. AJOQQ menyediakan permainan poker,domino, bandarq, bandarpoker, aduq, sakong dan capsa :)
    ayo segera bergabung bersama kami dan menangkan uang setiap harinya :)
    AJOQQ juga menyediakan bonus rollingan sebanyak 0.3% dan bonus referal sebanyak 20% :

    BalasHapus