Rabu, 26 April 2017

Cara Mudah Menanam Buah Melon Organik

Cara Mudah Menanam Buah Melon Organik

Cara Mudah Menanam Buah Melon Organik | Teori Petani - Melon merupakkan tanaman buah yang banyak dimanfaatkan oleh masyarak sebagai jus ataupun campuran es.

Tanaman yang masih kerabat timun timunan ini tumbuh dengan cara merambat dan berkembang baik diketinggian 250 - 500 m diatas permukan laut dan bersuhu 25 - 30 derajat celcius.

Untuk perbanyakan buah ini yaitu dengan cara menanamnya melalui biji ( generatif ).

Cara Mudah Menanam Buah Melon Organik

Dalam budidaya buah melon organik dapat dillakukan dengan dua cara yaitu dengan menanamnya dilahan atau menanamnya di polybag.

Kedua cara tersebut merupakan cara menanam yang banyak digunakan dan sangat mudah namun bila anda tidak memiliki lahan yang cukup luas cara kedua lebih cocok untuk diterapkan.

Pemilihan Bibit

Proses pembuatan bibit dapat dengan memilih buah yang matang dan sehat dan tidak terserang penyakit.

Pisahkan biji dari daging lalu jemur 5 - 8 jam dibawah sinar matahari. kemudian rendam biji kedalam air dan pilih biji yang tenggelam.

Bila anda tidak mau repot dan tidak yakin anda dapat membeli bibit buah melon di toko pertanian disekitar rumah anda.

Pengolahan Lahan

Untuk membudidayakan buah meelon dengan sistem organik maka yang harus kita lakukan adalah membersihkan lahan dari gulma yang akan mengganggu pertumbuhan.

Gemburkan tanah menggunakkan cangkul atau bajak lalu buatkan gulutan dengan lebar 80 - 100 cm dengan ketinggian 30 - 40 cm dan berikan pupuk kotoran hewan sebanyak 20 - 30 ton/ha

Berikan kapur dolomit sebanyak 3 - 4 ton/ha untuk menaikan ph tanah karena melon dapat hidup subur di tanah yang memiliki ph 6 - 7.

Setelah semua siap langkah selanjutnya adalah memasang plastik mulsa untuk menjaga tanah dari penguapan, erosi dan tumbuhnya gulma.

Selain dilahan yang luas kita juga dapat menanamnya dipekarangan rumah yang sempit dengan cara menanamnya dipolybag yang diisi tanah bercampur kompos dan sekam bakar dengan perbandingan 1 : 1 : 1.

Cara Mudah Menanam Buah Melon Organik
Contoh Media Tumbuh Menggunakan Polybag


Penanaman Buah Melon

Penanaman buah melon dilakukan dengan cara membuat lubang sedalam 30 cm dengan jarak 50 x 50 cm diatas gulutan.

Kemudian masukkan biji kedalam lubang sebanyak 1 - 2 biji lalu tutup dengan kompos halus, untuk menanam dipolybag juga sama dengan membuat lubang dipolybag lalu masuan 1 - 2 biji melon kemudian tutup dengan kompos halus.


Perawatan Tanaman Melon

Perawatan tanaman melon dilakukan dengan rutin menyiram karena tanaman melon sangat membutuhkan ketersediaan air yang banyak untuk pertumbuhanya.

Setelah bibit berumur 15 hari berikan ajir menggunakan bambu atau tali yang kuat untuk tempat merambatnya buah melon.

Berikan pupuk tambahan berupa pupuk oraganik cair yang dikocorkan dan pupuk kompos.

Bila tanaman melon terserang hama kita dapat menggunakan bahan bahan organi seperti urine/kencing hewan atau dengan membeli pestisida organik yang banya dijual ditoko pertanian.

Cara Mudah Menanam Buah Melon Organik
Contoh Pemasangan Ajir Di Lahan

Pemanenan Buah Melon

Pemanenan buah melon dapat dilakukan setelah tanaman berumur 60 - 70 hari setelah tanam dengan ciri buah yang siap petik berwarna kekuningan untuk melon hijau dan kuning tua untuk melon yang berwarna kuning.


Demikian penjelasan tentang Cara Mudah Menanam Buah Melon Organik semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Share this

2 Responses to "Cara Mudah Menanam Buah Melon Organik"

  1. Bolavita membagikan bonus gratis Lebaran Idul Fitri, buruan tanyakan kepada kami langsung kami isikan.

    Ayo Segera Mendaftar Bagi yang Belum Mendaftar !

    Wechat : Bolavita
    WA : 081377055002
    Line : cs_bolavita
    BBM PIN : BOLAVITA ( Huruf Semua )

    Link Promo Bonus lebaran : www,bolavita,pro/promo-lebaran/

    BalasHapus
  2. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia

    BalasHapus