Jumat, 21 April 2017

Tips Menanam Pepaya California

Tips Menanam Pepaya California

Tips Menanam Pepaya California | Teori Petani - Pepaya california merupakan jenis pepaya yang banyak diminai oleh orang indonesia dikarenakan rasa dan tekstur dagingnya yang kenyal.

Selain rasanya yang nikmat, pepaya ini memiliki harga yang lumayan mahal dibanding dengan jenis pepaya lainya.

Mengingat harganya yang mahal dan belum banyak pembudidayanya, maka tidak ada salahnya kita melirik usaha dibidang yang satu ini. Ingin tau cara menanamnya silahkan simak artikel dibawah ini.


Tips Menanam Pepaya California


Dalam budidaya pepaya california yang perlu kita lakuan adalah, pemilihan bibit, pengolahan lahan dan perawatan. Berikut adalah langkah langkahnya

Pemilihan Bibit


Untuk memperoleh bibit pepaya california dapat dengan dua cara yaitu membuat sendiri dari biji pepaya yang sudah matang atau dapat membelinya ditoko penjual bibit terpercaya.

Untuk membuat bibit sendiri yaitu dengan cara memilih buah pepaya yang sudah matang dan berasal dari induk yang sehat dengan ciri ciri daun tidak layu dan buahnya lebat.

Kemudian pisahkan biji dari daging buahnya lalu masukan kedalam bak atau ember berisi air, pilihlah biji yang tenggelam.

Biji yang sudah direndam lalu tiriskan dan masukkan kedalam polybag yang berisi campuran tanah dan pupuk kandang yang sudah matang dengan perbandingan 2 : 1.

Letakkan polybag berisi bibit pepaya dibawah naungan yang terbuat dari paranet atau daun kelapa untuk menjaga kelembapan dan menjaga dari sinar matahari secara langsung.

Sirami bibit dua kali sehari sambil di pantau pertumbuhanya, bila pertumbuhanya kurang optimal dapat diberikan pupuk daun dengan cara disemprotkan.

Bibit siap ditanam di lahan setelah bibit berumur 1 - 1,5 bulan dari awal penyemaian.

Tips Menanam Pepaya California
Contoh Bibit Siap Tanam


Pengolahan Lahan Dan Penanaman Pepaya California

Pengolahan lahan dilakukan dengan cara membersihkan lahan dari rumput yang akan mengganggu pertumbuhan pepaya.

Buat lubang dengan ukuran 40 x 40 x 40 cm dan jarak antar tanaman 2 x 2 atau 3 x 3 meter. 

Berikan pupuk 5 - 10 kg tiap lubang atau kira kira satu ember lalu diamkan selama satu minggu.

Tanam bibit pepaya yang sudah cukup umur kedalam lubang yang sudah disiapkan, dengan cara merobek plastik polybag lalu masukkan kedalam lubang dan padatkan dengan tanah sisa galian.


Perawatan Pepaya California

Dalam perawatan pepaya california yang harus kita laukan adalah membersihkan rumput yang tumbuh disekitar tanaman pepaya.

Timbun akar pepaya yang mulai naik kepermukaan untuk menjaga pertumbuhan dan menjaga batang dari terpaan angin, lalu buatkan parit untuk drainase dan tampungan air.

Perhatikan kondisi tanah jika terlalu kering lakukan pengairan dengan cara digenangi 1 - 2 jam diparit parit yang sudah dibuat atau dengan menyirami setiap tanaman.

Lakukan penyulaman setelah pepaya berumur dua minggu dengan menyulam tanaman yang mati dan pertumbuhanya kerdil atau tidak optimal.

Berikan pemupukan dengan menggunaan urea dan tsp masing masing sebanyak 200 kg/ha saat berumur satu bulan setelah tanam.

Pemupukan selanjutnya dilakukan setelah pepaya berumur tiga dan enam bulan setelah tanam dengan menggunakan urea dan npk masing masing sebanyak 300 kg//ha.

Bila pepaya terserang penyakit seperti rayap, ulat batang, dan jamur berikan pestisida dan fungisida untuk membasmi hama tersebut.


Pemanenan

Pepaya california dapat dipanen setelah berumur 8 - 9 bulan setelah tanam dilahan dengan tanda buah yang sudah dapat dipetik berwarna hijau kekuningan.


Demikian penjelasan tentang  Tips Menanam Pepaya California semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.



Share this

1 Response to "Tips Menanam Pepaya California"

  1. Kalah melulu main di agen lain?
    mari coba disini Update Betting (7ACD8560)

    BalasHapus