Kamis, 20 April 2017

Cara Mudah Penggemukan Sapi Potong

Cara Mudah Penggemukan Sapi Potong

Cara Mudah Penggemukan Sapi Potong | Teori Petani - Sapi merupakan hewan berkaki empat yang memiliki berbagai kegunaan bagi manusia, salah satu yang dapat dimanfaatkkan adalah dagingnya yang memiliki protein yang sangat bagi bagi tubuh.

Maka tidak heran permintaan daging sapi kian hari kian meningkat, sehingga harga daging sapi dipasaran melonjak tinggi apa lagi di hari hari besar seperti lebaran dan tahun baru.

Dengan kebutuhan yang tinggi namun tidak dibarengi dengan produksinya, alhasil negara kita perlu mengimpornya dari negara lain.

Jadi dengan keadaan permintaan tinggi dan harga yang tinggi pula maka tidak ada salahnya kita usaha dibidang penggemukan sapi yang memiliki masa depan sangat potensia dan menjanjikan.

Berikut adalah tahap tahap penggemukan sapi Potong yang baik dan mudah.

Cara Mudah Penggemukan Sapi Potong


Pemilihan Bibit


Dalam pemilihan bibit yang kita harus kita perhatikan adalah 
  1. Bibit sudah berumur 1 - 1,5 tahun.
  2. Memiliki badan kurus namun sehat.
  3. Mata berwarna cerah.
  4. Memiliki bulu yang halus dan tidak terkena parasit.
  5. Memiliki punggung yang lurus dan bermuka panjang.
  6. Asal usul sapi harus jelas jadi kita tau sapi tersebut unggul apa bukan.
Jenis Sapi Potong
  1. Bali.
  2. Po.
  3. Simental.
  4. Brahman.
  5. Brangus.
Jenis Sapi Potong
Jenis Jenis Sapi Potong


Pembuatan Kandang

Kandang yang baik untuk penggemukan sapi potong ialah
  1. Dekat dengan lokasi rumput atau penyedia pakan.
  2. Tempat makan dan minum harus disemen agar makanan seperti kosentrat yang memiliki ukuran kecil tidak jatuh ketanah dan air untuk minum tidak membuat becek.
  3. Kandang harus mendapatkan sinar matahari untuk menjaga kelembapan kandang.
  4. Lantai kandang sebaiknya disemen agar memudahkan proses pembersihan kotoran sapi dan tidak becek.
  5. Kotoran sapi harus dibuatkan tampungan sendiri agar tidak menyebar kemana mana yang mengakibatkan bau yang tidak sedap.
Pakan Sapi Potong

Dalam proses penggemukan sapi potong ada dua jenis pakan yang digunakan yaitu pakan hijau atau serat dan pakan buatan atau pelet.
  1. Pakan hijau atau serat yaitu pakan yang berupa rumput hijau, jerami padi, daun jagung, ampas tebu, dan lain sebagainya. Sedangkan
  2. Pakan buatan atau pelet yang banyak dijual ditoko ternak atau kita dapat membuatnya sendiri dengan bahan bahan yang banyak tersedia disekitar kita seperti, dedak, onggok, mineral, air gula yang dicampur merata.
Perawatan Sapi Potong

Perawatan sapi potong yang baik ialah dengan rajin membersihkan kandang dari kotoran sapi setiap pagi dan sore hari.

Berikan pengasapan dengan menggunakan kulit kelapa atau kayu di malam hari untuk menjaga sapi dari serangan nyamuk yang akan membuat penyakit sapi.

Mandikan sapi setiap pagi atau bila tidak sempat dapat dilakukan satu minggu sekali, usahakan sapi selalu bersih agar menjaga kulit sapi dari parasit dan penyakit kulit lainya.

Berikan juga suplemen napsu makan yang banyak dijual ditoko peternakan dan memberikan suntikan 2 - 3 bulan sekali untuk menjaga sapi tidak sakit.

Penggemukan sapi potong dapat di panen maksimal setelah berumur enam bulan tergantung jenis dan keaadaan sapi saat awal dipelihara.


Demikian penjelasan tentang Cara Mudah Penggemukan Sapi Potong semoga dapat bermanfaat dan membuat anda memulai usaha dibidang peternakkan. 


Share this

1 Response to "Cara Mudah Penggemukan Sapi Potong"

  1. Kalah melulu main di agen lain?
    mari coba disini Update Betting (7ACD8560)

    BalasHapus