Selasa, 18 April 2017

Cara Ampuh Pengendalian Hama Wereng


Cara Ampuh Pengendalian Hama Wereng

Cara Ampuh Pengendalian Hama Wereng - Selamat datang di blog Teori Petani, kali ini saya akan membahas tentang hama penyakit wereng.

Hama wereng merupakan hama yang menyerang padi dengan cara menghisap nutrisi dari batang padi sampai menguning dan kering.

Selama ini para petani padi mengeluhkan akan serengan hama yang satu ini karena dampak yang di hasilkan begitu merugikan para petani.

Berikut adalah cara cara pengendaliannya.

Cara Ampuh Pengendalian Hama Wereng 


Langkah Langkah Pengendalian

  1. Pencegahan.
  2. Pola tanam.
  3. Membasmi hama yang telah menyerang.

Cara Ampuh Pengendalian Hama Wereng
Contoh Hama Wereng

1. Pencegahan 

Dalam mengatasi hama wereng langkah pertama yang harus kita lakukan adalah proses pencegahan, karena ini adalah tahap yang paling penting untuk keberhasilan mengendalikan hama wereng.

Cara pencegahannya yaitu bersihkan lahan sawah yang akan kita tanam dari gulma atau rumput liar.

Perhatikan dalam proses penyemprotan harus tepat dan tidak berlebihan karena bila berlebihan akan membunuh musuh alami hama wereng itu sendiri.

2. Pola Tanam

Untuk mengatasi hama wereng yang selanjutnya adalah perhatikan pola tanamnya, lakukan penanaman dengan sistem jajar legowo untuk memudahkan sirkulasi udara dan mempermudah dalam melakukan penyemprotan.

Pola tanam Jajar Legowo merupakan sistem menanam dengan menghilangkan satu baris dalam setiap beberapa barisan.

Cara Ampuh Pengendalian Hama Wereng
Contoh Legowo 5 : 1

Baca juga

3. Membasmi Hama Yang Telah Menyerang

Membasmi hama wereng dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan menggunakan pestisida kimia dan pestisida organik (alami).

Untuk cara kimia dapat menggunakan insektisida yang banyak dijual ditiko pertanian seperti, Ares, Virtako, Venop dan masih banyak lainya. 

Sedangkan untuk cara organik (alami), kita dapat menggunakan satu genggam daun sirsat yang di haluskan bersama dengan delingau dan sepuluh siung bawang putih lalu tambahkan sabun krim/sabun colek, kemudian campur dengan air 10 liter dan diamkan selama 3 - 4 hari.

Setelah 3 - 4 hari, saring campuran daun sirsat dan pestisida organik siap untuk digunakan dengan dosis satu liter pestisida organik di campur dengan air 14 - 15 liter.

Dapat juga menggunakan oli bekas yang dimasukkan kedalam petakan sawah yang berisi air dengan dosis 10 - 20 liter per 1/4 hektar.

Usahakan dalam proses pengendalian hama wereng dilakukan secara bersama sama atau serempak dalam satu hamparan sawah agar dalam proses penyemprotan, hama wereng tidak berpindah dan sembunyi di lahan sawah sekitarnya yang mengakibatkan hama wereng tidak mati.

Demikian penjelasan tentang Cara Ampuh Pengendalian Hama Wereng  semoga dapat bermanfaat dan membantu anda para petani padi. Selamat mencoba .




Share this

1 Response to "Cara Ampuh Pengendalian Hama Wereng "

  1. Kalah melulu main di agen lain?
    mari coba disini Update Betting (7ACD8560)

    BalasHapus