Sabtu, 08 April 2017

Budidaya Kelapa Agar Cepat Berbuah

Budidaya Kelapa Agar Cepat Berbuah

Budidaya Kelapa Agar Cepat Berbuah | Teori Petani  Tumbuhan kelapa (cocos nucifera) adalah tumbuhan yang memiliki batang tunggal, berakar serabut dan memiliki buah yang bergrombol setiap batang terdiri atas beberapa grombol. 

Kelapa merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi manusia, tidak hanya buahnya yang di konsumsi tapi batang, daun hingga akarnya pun berguna bagi manusia.

Tanaman kelapa sendiri memiliki beberapa jenis, salah satunya Agar Berbuah Cepat yaitu kelapa hibrida, kelapa ini merupakkan persilangan antara kelapa lokal dengan kelapa genjah.

Budidaya Kelapa Agar Cepat Berbuah

Pemilihan Dan Pembuatan Bibit Kelapa

  • Pilihlah buah kelapa yang sudah tua yang berwara coklat kehitaman dari induk yang sudah tua pula di atas 10 th dan memiliki produksi buah yang tinggi.
  • Sayat kulit kelapa menggunakan golok di bagian ujung tangkai kelapa untuk mempercepat proses tumbuhnya tunas.
  • Sirami bibit dan berikan naungan atau di tempat yang teduh. Setelah 5-8 bulan bibit siap di tanam di lahan.
Budidaya Kelapa Agar Cepat Berbuah
Contoh Bibit Siap Tanam

Pengolahan Tanah

  • Bersihkan lahan dari rumput liar yang akan mengganggu pertumbuhan kelapa.
  • Buat lubang dengan jarak antar lubang 5 x 6 atau 6 x 6 m dan ukuran lubang 50 x 50 x40 cm.
  • Setelah proses pembuatan lubang selesai berikan pupuk kandang yang sudah matang kedalam lubang sebanyak 10 kg/lubang. Diamkan 1 minggu agar terjadi penguapan gas dari dalam tanah.

Penanaman Kelapa

Proses penanaman kelapa di lakukan dengan cara memasukkan bibit kelapa yang sudah cukup umur ke dalam lubang yang sudah di buat.

Timbun bagian akar menggunakan tanah hasil pembuatan lubang, dan padatkan.

Perawatan Kelapa

Perawatan kelapa yaitu dengan cara membersihkan sekitar tumbuhan kelapa dari rumput liar yang menggangu pertumbuhan kelapa.

Kemudian berikan pupuk susulan setiap awal dan akhir musim penghujan dengan menggunakan pupuk kandang 5-10 kg/tanaman dan pupuk Urea, Tsp dan Kcl masing masing 300 gram/tanaman.
Dosis pemupukan bertambah sesuai umur tanaman.

Hama yang menyerang tanaman kelapa biasanya berupa kumbang yang menyerang pangkal daun muda, oleng oleng dan cendawan Phytophthora yang menyerang akar dapat kita atasi menggunakan pestisida dan fungisida 

Pemanenan Buah Kelapa

Pemanenan buah kelapa dapat dilakuan setelah umur 3-4 tahun untuk jenis hibrida dan 5-7 tahun untuk lokal.

Cara memanen buah kelapa yaitu dengan cara melepaskan buah kelapa dari tangkainya dapat menggunakan parang atau sejenisnya.

Buah kelapa dapat di panen setiap sebulan sekali, sehingga bila kita membudidayakan kelapa sama saja dengan kita kerja di kantoran karena gajianya sama sama setiap bulan.

Demikian penjelasan tentang Budidaya Kelapa Agar Cepat Berbuah semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda di bidang pertanian.

Share this

3 Responses to "Budidaya Kelapa Agar Cepat Berbuah"