Minggu, 23 April 2017

Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal 60 Hari Panen

Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal 60 Hari Panen

Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal 60 Hari Panen | Teori Petani - Lele merupakan ikan yang banyak dikonsumsi masyarakat indonesia karena harganya yang relatif  terjangkau dan memiliki rasa yang gurih.

Ikan ini sering kita jumpai dihampir semua wilayah nusantara untuk dijadikan makanan seperti pecel lele, sambal lele dan lain lain.

Untuk membudidayakan ikan yang satu ini sangat lah mudah dikarenakan ikan ini mudah hidup diberbagai wilayah, jenis air dan kolam. 

Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal 60 Hari Panen

Dalam membudidayakan ikan yang satu ini kita dapat menggunakan kolam tanah, semen ataupun kolam terpal, kalo bagi anda para pemula tidak ada salahnya anda mencoba dikolam terpal terlebih dahulu.

Penggunaan terpal disini brtujuan untuk menghemat biyaya dan dapat kita laukan meskipun dilahan yang sempit.

Penyiapan Bibit

Pilih bibit dengan pertumbuhan yang baik dan asal usul induknya jelas, sehingga kita dapat tahu kualitas bibit tersebut.

Dalam menyiapan bibit kita dapat juga membelinya dipenjual bibit terpercaya atau langsung kebalai perikanan yang ada diskitar wilayah anda.

Jenis ikan lele yang biasa dibudidayakan dan cepat besar ialah jenis sangkuriang, dombo, dan phyton.

Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal 60 Hari Panen
Contoh Bibit Lele siap Tebar

Pembuatan Kolam Terpal

1. Bahan Bahan
  • Terpal berukuran 7 x 5 untuk 1000 bibit ikan.
  • Bambu.
  • Kayu, usahakan kayu yang dapat hidup seperti, randu, joar dan ulin.
  • Pasir.
  • Paralon ukuran 1 - 2 ''.
  • Paku.
2. Cara Membuat
  • Buatkan lubang 5 x 3 meter dengan kedalaman 30 cm lalu berikan pasir untuk menjaga terpal agar tidak robek dan bocor.
  • Tancapkan kayu disekeliling lubang setinggi satu meter dari permukaan tanah, usahakan yang rapat agar kuat menahan beban air didalam terpal.
  • Belah bambu lalu buat menyerupai reng untuk membuat rumah kemudian tempelkan dikayu yang sudah ditancapkan menggunakan paku.
  • Setelah kerangka jadi pasang terpal lalu beri paralon untuk membuang air dengan cara melubangi dasar terpal kemudian pasang paralon ikat yang rapat jangan sampai bocor.
  • Isi air sebanyak 1/4 kolam dan diamkan selama 1 - 2 minggu agar kolam steril dari zat kimia yang berasal dari terpal.
Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal 60 Hari Panen
Contoh Kolam Yang Baik


Penebaran Benih Ikan Lele

Tebar benih yang sudah kita pilih dengan cara letakan plastik bibit ikan kedalam kolam biarkan beberapa menit agar suhu air dalam plastik menyesuaikan dengan air di dalam kolam.

Setelah dikira cukup, buka ikatan plastik biarkan bibit ikan lele keluar dengan sendirinya agar ikan cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Usahakan penebaran ikan lele dilaukan setelah kolam terpal airnya berwarana kehijauan yang pertanda air telah netral dan banyak plangton sebagai pakan alami ikan lele.

Perawatan Ikan Lele

Perawatan ikan lele dilakukan dengan cara memberikan pakan sehari empat kali untuk mempercepat pemanenan yaitu pada pagi, siang, sore dan malam hari.

Pengantian air bila air sudah bau dan ikan mulai stres dengan ditandai nafsu makan berkurang, banyak yang mengambang dan mati.

Pemanenan 

Pemanenan dapat dilakukan setelah berumur 60 - 75 hari setelah ditebar dikolam, pemanenan dilakukan dengan cara membuang air sampai habis lalu ambil ikan menggunan jaring atau serok.

Kemudian masukan kedalam bak atau drigen yang sudah dibuat khusus untuk menampung ikan dan ikan siap dipasarkan.


Mudah bukan Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal 60 Hari Panen, semoga dapat berguna dan dapat membuat anda tertarik membudidayakannya. Selamat mencoba





Share this

1 Response to "Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal 60 Hari Panen"

  1. AJOQQ menyediakan permainan poker,domino, bandarq, bandarpoker, aduq, sakong dan capsa :)
    ayo segera bergabung bersama kami dan menangkan uang setiap harinya :)
    AJOQQ juga menyediakan bonus rollingan sebanyak 0.3% dan bonus referal sebanyak 20% :

    BalasHapus