Sabtu, 13 Mei 2017

Cara Budidaya Jeruk Nipis Dengan Mudah Hasil Melimpah

Cara Budidaya Jeruk Nipis Dengan Mudah Hasil Melimpah

Cara Budidaya Jeruk Nipis Dengan Mudah Hasil Melimpah | Teori Petani - Jeruk nipis merupakan jeruk yang banyak digunakan sebagai kebutuhan rumah tangga seperti untuk bumbu masakan dan untuk menghilangkan bau amis.

Selain digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, jeruk nipis juga sering digunakan sebagai obat batuk, amandel, jerawat, mengatasi rambut rontok, ketombe dan masih banyak lainnya. 

Dengan kegunaan dan manfaat yang tinggi maka tidak heran permintaan akan jeruk nipis kian hari kian meningkat sehingga cocok dijadikan lahan usaha yang menjanjikan.

Cara Budidaya Jeruk Nipis Dengan Mudah Hasil Melimpah

Jeruk nipis (Lat Citrus aurantifolia; Famili: Rutaceae) adalah tanaman yang banyak tersebar di wilayah asia dan amerika dengan bentuk batang tinggi berduri dan buah berwarna hijau.

Untuk membudidayakan tanaman ini tidak lah susah dan tidak memerlukan biaya yang besar hanya dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran.

Berikut saya akan menjelaskan bagaimana cara membudidaya jeruk nipis dari mulai membuat bibit sampai panen.

Pemilihan Bibit

Bibit jeruk nipis dapat kita peroleh dengan  membuat bibit sendiri atau bila tidak mau repot dapat membelinya di penjual bibit tanaman.

Untuk membuat bibit sendiri terdapat dua cara yaitu generatif (biji) dan vegetatif (stek,sambung,okulasi).  Cara Stek Batang Tanaman Dan Teknik Pembuatan Bibit Stek 

1. Cara generatif 
  1. Siapkan polybag yang diisi dengan tanah yang dicampur dengan kompos dengan perbandingan 2:1.
  2. Lalu masukkan biji jeruk nipis yang berasal dari induk yang berbuah lebat dan sehat kedalam polybag yang sudah disiapkan sebelumnya. 
  3. Berikan naungan berupa paranet atau daun kelapa agar tidak terkena sinar matahari dan air hujan secara langsung.
  4. Sirami bibit sehari dua kali pada pagi dan sore hari.
  5. Bibit dapat ditanam dilahan setelah bibit berumur 4 - 5 bulan dari awal penanaman. 
2. Cara vegetatif

Untuk membuat bibit secara vegetatif sama seperti membuat bibit generatif  hanya bibit hasil genaratif  yang sudah memiliki baatng sebesar pensil harus disambung atau diokulasi dengan bibit unggul agar tanaman cepat berbuah dan produksi buahnya tinggi. 


Cara Budidaya Jeruk Nipis Dengan Mudah Hasil Melimpah
Contoh Bibit Siap Tanam

Pengolahan lahan

Pengolahan lahan dilakukan dengan membuat lubang dengan jarak 3x4 atau 4x4 dengan kedalaman 50 cm dan lebar 50 cm lalu isi lubang menggunakan kotoran hewan yang sudah matang atau kompos, lalu diamkan selama satu minggu.

Atau bila anda ingin membuat tanaman jeruk nipis sebagai penghias rumah anda dapat menanamanya di pot atau sering juga disebut tabulampot.

Cara Budidaya Jeruk Nipis Dengan Mudah Hasil Melimpah
Contoh Tabulampot

Perawatan

Perawatan jeruk nipis dilakukan dengan membersihkan sekitar batang dari gulma atau rumput liar yang akan mengganggu pertumbuhan tanaman dan menghalangi sinar matahari masuk kedalam tanah.

Berikan pemupukan menggunakan pupuk Npk 16:16:16 atau dapat menggunakan Kcl dan urea sebanyak 100 gr/tanaman dan dosis pemupukan bertambah menyesuaikan umur tanaman.

Lakukan penyemprotan untuk merangsang pertumbuhan batang dan buah menggunaan pupuk gandasil D dan B dan pembasmi hama seperti Ragen, Decis.

Pangkas ranting ranting yang kering dan menyamping untuk menjaga agar tanaman satu dan lainnya tidak bertumpuk yang akan mengakibatkan tanaman terserang hama penyakit

Baca juga

Pemanenan

Jeruk nipis dapat dipanen setelah berumur 2,5 tahun terhitung dari penanamn dilahan atau pot untuk cara vegetatif dan untuk cara generatif bisa sampai 3 tahun lebih.

Dalam satu hektar lahan jeruk nipis dapat menghasilkan hingga 4 - 5 ton jika dikalikan dengan harga standar Rp 5000 maka hasil yang didapatkan cukup besar bukan.


Demikian penjelasan tentang Cara Budidaya Jeruk Nipis Dengan Mudah Hasil Melimpah semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda. Salam petani...........


Share this

1 Response to "Cara Budidaya Jeruk Nipis Dengan Mudah Hasil Melimpah"

  1. AJOQQ menyediakan permainan poker,domino, bandarq, bandarpoker, aduq, sakong dan capsa :)
    ayo segera bergabung bersama kami dan menangkan uang setiap harinya :)
    AJOQQ juga menyediakan bonus rollingan sebanyak 0.3% dan bonus referal sebanyak 20% :)

    BalasHapus