Senin, 24 April 2017

Cara Beternak Bebek Petelur Tanpa Angon

Cara Beternak Bebek Petelur Tanpa Angon

Cara Beternak Bebek Petelur Tanpa Angon | Teori Petani - Selama ini telur khusnya telur bebek merupakan sumber protein yang sering dikonsumsi masyarakat indonesia.

Namun selama ini para peternak bebek membudidayakanya secara tradisional dengan cara angon disawah secara berpindah pindah.

Beternak secara angon menjadikan kurang efisien karena harus membayar biaya transpot dan biaya hidup pekerja selama angon.

Kali ini saya akan menjelaskan cara beternak bebek tanpa harus angon, ingin tau seperti apa silahkan simak brikut ini.

Cara Beternak Bebek Petelur Tanpa Angon


Dalam cara beternak tanpa angon keuntungan yang bisa kita dapat adalah biaya yang tidak besar dan perawatannya mudah.

Pemilihan Bibit

Pilih bibit yang baik dngan membelinya di penjual bibit bebek yang berkualitas atau dapat dengan menetaskan sendiri dirumah dengan bantuan penetas telur.

Pembuatan Kandang Yang Baik

Buat kandang menjadi dua bagian, ada yang tertutup dan terbuka karena bebek sangat sensitif terhadap hewan lain ketika akan bertelur..

Berikan sekam padi sebagai alas lantainya agar lantai tidak becek yang akan membuat bebek terjangkit penyakit.

Siapkan tempat makan dan minum serta penghangat untuk bebek yang terbuat dari kulit kelapa yang dibakar selain sebagai penghangat asap yang dihasilkan dapat membasmi nyamuk yang akan membawa bibit penyakit.

Kemudian siapkan tempat bertelur bebek berupa kotak kecil yang diberi jerami padi atau dapat mletakkan jerami disekeliling kandang, jerami berguna untuk menjaga telur agar tidak pecah.

Cara Beternak Bebek Petelur Tanpa Angon
Contoh Kandang Bebek Yang Baik

Perawatan

Perawatan bebek dilakukan dengan pemberian makan dan minum secara teratur, berupa pakan bebek yang banyak dijual ditoko peternakan atau dapat dngan membutanya sendiri.

Berikut cara membuat pakan untuk kapasitas 100 kg :
  1. 40 kg dedak.
  2. 40 kg jagung giling kasar.
  3. 20 kg tepung ikan.
  4. Campur ketiga bahan diatas lalu berikan kepada bebek, untuk minum kita dapat menggunakan vitacik.
Kemudian pembalikan lantai menggunakan cangkul atau garpu agar penyakit didalam lantai yang terbuat dari sekam padi menguap dan mati.

Lakukan penyemprotan satu bulan sekali disekeliling kandang mengunakan desinfektan atau pestisida agar bebek terhindar dari penyakit.

Cara Beternak Bebek Petelur Tanpa Angon
Contoh Tempat Telur

Pemanenan 

Pmanenan telur bebek dapat dilakukan setelah bebek berumur 3 - 5 bulan dengan ditandai dngan bulu sudah tumbuh sempurna dan bulu mngkilat.

Bebek dapat bertelur sampai 80 % setiap hari ketika berumur empat bulan, berarti bila kita memelihara 1000 ekor kita dapat menghasilkan telur 800 butir/hari, kalikan saja dengan harga sekarang satu butirnya Rp 2000.

Bebek juga dapat bertelur hingga satu tahun lebih namun bila telah memasuki umur segini telur yang dihasilkan mulai berkurang sekitar 50 - 60 %.

Demikiian penjelasan tentang Cara Beternak Bebek Petelur Tanpa Angon semoga dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi anda untuk memulai budidaya bebek petelur.



Share this

0 Comment to "Cara Beternak Bebek Petelur Tanpa Angon"

Posting Komentar