Rabu, 26 April 2017

Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal

Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal

Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal | Teori Petani - Ikan gurame merupakan ikan yang memiliki rasa yang gurih dan khas serta bernilai ekonomis cukup tinggi.

Karena harganya yang lumayan dan permintaan pasar yang semakin meningkat maka banyak masyarakat yang ingin membudidayakanya untuk dijual ataupun dikonsumsi sendiri.

Berkenaan dengan hal ini banyak masyarakat yang ingin membudidayakanya namun bingung karena tidak memiliki sawah atau lahan yang luas.

Kolam terpal adalah jawabanya, dengan kolam terpal kita tidak memerlukan lahan yang luas, cukup lahan 1 - 2 meter sudah bisa membudidayakanya.

Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal

Kelebihan menggunakan kolam terpal adalah biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar, jadi bagi para pemula yang ingin membudidayakanya, cara ini cukup bersahabat.

Dalam budidaya gurame dikolam terpal yang harus kita perhatikan adalah bibit, pembuatan kolam, penebaran bibit dan perawatan. Berikut penjelasanya

Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit sangat menentukan keberhasilan dalam membudidayakan ikan gurame karena dengan bibit yang baik maka pertumbuhannya akan cepat dan tahan terhadap virus. 

Pilih bibit yang bermutu dengan asal usul yang jelas atau dapat langsung mendatangi balai perikanan diwilayah anda.

Pembuatan Kolam

Pembuatan kolam yaitu dengan cara menggali tanah sedalam satu meter dan panjang sesuai keinginan lalu berikan terpal dan isi air kedalam kolam, atau 

Dapat juga dengan membuat kotak menggunakan kayu dan bambu dengan tinggi satu meter dan panjang disesuaikan dan jangan lupa diberikan saluran untuk pembuangan air.

Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal
Contoh Kolam Galian Dan Kotak

Penebaran Bibit

Penebaran bibit dilakukan setelah kolam diisi air yang sudah di diamkan selama 1 - 2 minggu dengan warna air yang kehijaun.

Tebar bibit dengan cara meletakkan bibit bersama plastiknya/wadahnya kedalam kolam biarkan ikan keluar sendiri dari wadahnya.

Perawatan Gurame

Perawatan dilakukan dengan memberi makan menggunakan pelet ikan sehari tiga kali yaitu pagi, sore dan malam.

Untuk menghemat biaya setelah ikan berumur 2 - 3 bulan kita dapat menggunakan dedaunan seperti daun talas dan daun pepaya sebagai campuran pelet.

Laukan penggantian air bila air sudah mulai keruh dan berbau dan jangan lupa berikan nutrisi agar ikan sehat dan cepat besar.


Demikian penjelasan tentang Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.


Share this

0 Comment to "Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal"

Posting Komentar