Rabu, 12 April 2017

Tips Budidaya Kurma Di Indonesia

Tips Budidaya Kurma Di Indonesia

Tips Budidaya Kurma Di Indonesia| Teori Petani - Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini, buah yang wajib ada disaat bulan ramadan ini merupakan buah yang di sukai oleh nabi Muhamad SAW jadi saya rasa sebagian besar orang indonesia mengetahui buah yang satu ini.

Buah kurma merupaka buah yang berasal dari timur tengah yang masih satu kerabat dengan kelapa sawit atau palma.

Tanaman ini hampir tidak mungkin dapat di tanam dan berbuah di negara kita pasalnya mayoritas tanaman kurma yang kita tau selama ini tumbuh di padang pasir seperti di timur tengah.

Namun dengan kemajuan jaman sekarang telah di temukan jenis kurma yang dapat berbuah di Indonesia yaitu kurma jenis KL-1 yang berasal dari Thailand.

Budidaya tanaman ini sangat cocok di wilayah dataran rendah yang memiliki suhu yang cukup dan air yang tidak terlalu dalam.

Anda penasaran tentang bagaimana cara menanam dan proses perawatannya mari simak di bawah ini.

Tips Budidaya Kurma Di Indonesia


Pemilihan Bibit Dan Pengolahan Lahan

Pilih bibit yang memiliki pertumbuhan baik dengan ciri ciri daun tidak layu dan telah memiliki 4 - 5 pelepah atau daun. Bibit dapat di peroleh di penjual bibit atau dengan memesannya secara online.

Untuk pengolahan lahan dilakukan dengan membersihkan lahan dari rumput dan pepohonan yang menghalangi masuknya sinar matahari.

Buatkan lubang tanam dengan jarak 7 x 7 m dengan ukuran lubang 50 x 50 x 50 cm. Diamkan seminggu kemudian tambahkan pupuk kompos atau pupuk kandang yag telah matang.

Tips Budidaya Kurma Di Indonesia
Contoh Bibit Kurma Siap Tanam


Penanaman kurma dilakukan dengan cara memasukkan bibit kedalam lubang kemudian timbun dengan tanah hasil galian lalu padatkan.

Siram tanaman buah kurma sehari dua kali atau dapat sesuaikan dengan kondisi cuaca.

Berikan pupuk susulan berupa Npk Dan Kcl sebanyak 100 gram atau sebesar kepalan tangan orang dewasa setiap 2-3 bulan sekali.

Seperti yang sudah saya singgung di atas kurma adalah kerabat plma yang memiliki klamin terpisah antara yang jantan dan betina. 

Jadi untuk menghasilkan buah, kurma memerlukan penyerbukan yang dilakukan secara alami atau pun dengan bantuan manusia, namun agar tingkat keberhasilan buah tinggi lebih baik dilakukan dengan bantuan manusia.

Dalam proses penyerbukan melalui bantuan manusia yaitu dengan cara mengambil bunga jantan kemudian serbukkan ke bunga betina seperti penyerbukan pada tanaman salak.

Tanaman kurma mulai dapat berbuah setelah berumur antara 3 - 4 tahun setelah tanam dengan syarat perawatan harus optimal.

Setelah bunga betina menjadi buah maka berikan penutup buah berupa jaring ataupun sejenisnya untuk menjaga buah dari hama seperti tupai, codot dan yang lainnya.

Tips Budidaya Kurma Di Indonesia
Contoh Buah Kurma Yang Di Beri Pelindung 

Demikian penjelasan tentangg Tips Budidaya Kurma Di Indonesia semoga dapat bermanfaat dan membuat anda ingin menanamnya. Selamat mencoba 



Share this

0 Comment to "Tips Budidaya Kurma Di Indonesia"

Posting Komentar