Selasa, 09 Mei 2017

Cara Menanam Dan Merawat Jagung Manis Agar Hasil Maksimal

Cara Menanam Dan Merawat Jagung Manis Agar Hasil Maksimal

Cara Menanam Dan Merawat Jagung Manis Agar Hasil Maksimal | Teori Petani - Jagung manis merupakan jagung yang banyak digunakan sebagai makanan seperti di jadikan sayur atau sebagai dibakar.

Jagung jenis ini banyak digemari karena memiliki rasa yang sama seperti namanya yaitu manis sehingga cocok untuk dijadikan sebagai makanan. 

Dengan semakin meningkatnya permintaan akan jagung manis maka ini merupakan peluang  usaha yang sangat menjanjikan. Ingin tau seperti apa cara menanam dan merawatnya, mari simak penjelasan dibawah ini.

Cara Menanam Dan Merawat Jagung Manis Agar Hasil Maksimal

Jagung manis dapat ditanam diberbagai jenis tanah karena jagung merupakan tanaman yang mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Namun untuk lebih optimal dan baik maka tanaman jagung harus ditanam pada ketinggian 50 - 1500 dpl dan memiliki ph tanah 6 - 7 jadi bila tanah terlalu masam kita dapat menggunakan kapur dolomit untuk menaikkan ph nya.

Pengolahan Lahan

Langkah pertama dalam pengolahan lahan ialah membersihkan lahan dari rumput dan kayu kayu yang menghalangi sinar matahari masuk kedalam tanah.

Kemudian gemburkan lahan menggunakan bajak atau dicangkul agar jagung dapat tumbuh dengan baik.

Berikan pupuk dolomit sebanyak 2 - 3 ton/ha untuk menaikkan ph tanah dan pupuk kandang sebanyak 20 - 30 ton/ha 

Cara Tanam

Tanamam bibit dengan melubangi tanah menggunaan kayu atau dapat mengikuti alur dari bekas bajak dengan jarak 25 x 25 cm.

Setelah itu tutup dengan tanah atau bila ingin hasil yang lebih baik dapat menutupnya menggunakan kompos halus.

Cara Menanam Dan Merawat Jagung Manis Agar Hasil Maksimal
Proses Penanaman

Perawatan

Perawatan jagung manis dilakukan dengan melakukan penyulaman pada 6 - 7 hari setelah tanam lalu
lakukan pemupukan menggunakan pupu kimia Urea dan Sp 36 masing masing sebanyak 200 kg/ha.

Kemudian lakukan pemupukan kembali dengan menggunakan Urea dan Npk masing masing sebanyak 300 kg/ha setelah tanaman barumur satu bulan.

Bersihkan lahan dari gulma atau rumput liar yang dapat mengganggu pertumbuhan jagung dan akan menyebapkan datangnya hama penyakit.

Biasanya tanaman jagung manis kerap terserang hama ulat yang memakan buah jagung hingga mengakibatkan buah jagung busuk, lakukan pengendalian menggunakan insektisida yang banyak dijual di toko pertanian.

Selain ulat hama yang sering menyerang selanjutnya adalah hama tikus yang menyerang dengan cara memakan buah jagung sampai habis bahkan membuat tanaman jagung mati karena batang jagung juga ikut dimakan.

Cara pengendaliannya ialah dengan menggunakan racun tikus dan membersihkan lahan sekitar dari semak semak yang menjadi tempat kesukaan tikus.

Baca juga

Pemanenan

Jagung manis akan mulai panen setelah berumur 75 hari setelah tanam dengan ciri ciri buah sudah besar dan biji dalam buah jagung sudah rapat.

Dalam satu hektar lahan akan menghasilkan jagung manis segar sebanyak 10 - 15 ton dengan hasil tersebut bila dikalikan dengan harga perkilo Rp 2000 saja maka hasil yang didapat cukup lumayan bukan.


Demikian penjelasan tentang Cara Menanam Dan Merawat Jagung Manis Agar Hasil Maksimal semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda. Salam petani......

Share this

0 Comment to "Cara Menanam Dan Merawat Jagung Manis Agar Hasil Maksimal"

Posting Komentar